Pages

Rabu, 29 Juni 2016

Mengenal Jerawat Batu



Apa itu Jerawat ?
Seperti yang kita ketahui, Jerawat membuat wajah terlihat kotor, jerawat membuat wajah menjadi tidak tampak sehat. Baik wanita dan pria, sama-sama dapat dihinggapi jerawat kapan saja. Jika satu jerawat sudah muncul, maka Anda tentu ingin sekali menghilangkan sebuah jerawat tersebut.

Jari tangan yang jahil akan mencoba menghilangkan jerawat tersebut dengan sekuat tenaga. Kebiasaan tersebut masih banyak dilakukan oleh wanita dan pria. Khusus wanita yang merasa terganggu dengan keberadaan jerawat.

Ketika satu jerawat tersebut tidak berhasil dihilangkan, maka ada rasa jengkel. Tangan yang tadi digunakan untuk mencoba menghilangkan jerawat, akan diusapkan pada bagain wajah. Itulah yang memicu pertumbuhan jerawat semakin banyak. Sebab tangan Anda yang terbilang membawa kotoran dari jerawat akan terbawa menyebar. 
Menjadi berbahaya ketika jenis jerawat yang tumbuh diwajah Anda adlaah jerawat batu. Apa itu jerawat batu, tentu harus diketahui agar waspada setiap kali jerawat tumbuh diwajah. Jerawat batu adalah jenis jerawat yang tumbuh dengan sifat yang keras. Ketika jerawat diwajah Anda tekan, jari tangan Anda merasakan sebutir kulit yang mengeras.
Apalagi Anda akan mengernyit kesakitan ketika menekan jerawat batu walaupun pelan. Dapat dikatakan bahwa jerawat batu termasuk jerawat yang masih susah untuk dihilangkan. Perlu perawatan dengan dokter ahli agar jerawat batu yang mungkin sudah semakin menyebar dapat segera teratasi.
Ciri-ciri Jerawat batu : 
1. Ukuran Lebih Besar
Dilihat dari ukuran, jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar dibanding jenis jerawat yang lain.
2. Lebih Keras & Sakit ketika di tekan
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ketika ditekan, maka jerawat batu akan terasa keras. Untuk meyakinkan bahwa jerawat yang tumbuh diwajah Anda adalah jerawat batu tentu dengan menekannya. Jika sakit, maka itulah jerawat batu. Ciri dari jerawat batu yang lain adalah karena Anda menekannya dengan sangat kuat, maka akan membuat sakit berkelanjutan.
3. Menyebar cepat di wajah
Ketahuilah ciri jerawat batu adalah sangat cepat menyebar ke seluruh wajah. Bahkan jika keadaan wajah Anda sedang kotor akan mampu menyebar hingga bagian leher. Ketika Anda sudah berhasil menghilangkan jerawat batu di wajah, jangan harap wajah akan menjadi mulus. Sebab ciri dari bekas jerawat batu diwajah adalah menyebabkan kulit wajah menjadi berlubang.
Sebelum jerawat batu menjadi masalah serius diwajah anda, maka ketahuilah penyebab dari timbulnya jerawat batu.
  1. Akibat Faktor Genetik
Bagi Anda yang memiliki jenis wajah berminyak, kemungkinan karena keluarga Anda memiliki jenis kulit yang berminyak. Genetik kelebihan kelenjar minyak di wajah kemudian juga Anda alami. Jerawat batu sangat mudah tumbuh di jenis kulit wajah berminyak.
Jika di keluarga Anda memang ada yang terlihat memiliki masalah jerawat batu, maka kemungkinan besar akan terjadi pada Anda. Perhatikan pula bahwa jika jenis kulit wjaah Anda memang berminyak, maka lebih baik membatasi asupan makanan berminyak sesegera mungkin. Agar jerawat batu tidak begitu mudah tumbuh diwajah Anda.
  1. Akibat Faktor Psikologis
Bagi Anda yang memiliki beban pikiran, lebih baik biarkan pikiran Anda rileks. Penyebab banyak beban pikiran yang mengarah pada stress akan memicu pertumbuhan jerawat batu. Anda akan sangat mudah ditumbuhi jerawat batu. Sebab terjadi penekanan pada wajah. Hal itu dilakukan oleh otot-otot wajah yang menegang sehingga produksi kelenjar minyak pada wajah meningkat dan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat batu.
  1. Akibat Kosmetik
Bagi Anda yang memang harus memakai kosmetik ketika pergi maupun hanya di rumah, pastikan untuk segera memberishkannya setelah tidak diperlukan. Apalagi bagi Anda yang kerap memakai kosmetik secara tebal. Jika tidak kunjung dibersihkan, maka itulah yang akan menyebakan pertumbuhan dari jerawat batu. Sebab bagian dari pori-pori wajah Anda akan tersumbat oleh kosmetik yang Anda pakai.
  1. Akibat Konsumsi Pil KB
Bagi wanita yang sudah menikah dan harus mengkonsumsi pil KB, juga dapat memicu pertumbuhan dari jerawat batu. Pil KB akan menyebabkan jerawat batu muncul karena ada perubahan yang imunitas di dalam tubuh.
Cara Mengatasi Jerawat Batu Pada Wajah
Tidak perlu khawatir bagi Anda yang harus mengalami masalah wajah akibat jerawat batu. Baik bagi Anda yang ditumbuhi satu buah jerawat batu ataupun sudah terlanjur banyak, maka jangan khawatir. Tetap ada cara mengatasi jerawat batu yang tumbuh tanpa ampun.
  1. Menghindari Pemakaian Obat Jerawat Dengan Bahan Kimia
Jika Anda kerap memakai obat jerawat, maka lebih baik untuk berhati-hati. Bahan kimia dalam obat jerawat cenderung menjadi pemicu tumbuhnya jerawat batu. Jika memang ingin memakai obat jerawat, maka pastikan obat yang Anda konsumsi adalah bahan herbal yang aman.
  1. Menggunakan Tomat
Tomat sudah kerap diajdikan solusi untuk mengatasi jerawat. Bahkan jerawat batu pun dapat diatasi dengan penggunaan tomat. Anda cukup mengiris tomat dan mengusapkannya secara merata di seluruh permukaan wajah. Lebih efektif jika Anda usapkan hingga ke bagian leher guna mencegah kemungkinan bakteri penyebab jerawat batu sudah sampai di leher.
Kemudian biarkan cairan dari tomat menempel dan meresap dikulit wajah Anda. Sekitar sepuluh menit kemudian Anda baru dapat membilasnya menggunakan air hangat. Dan segera keringkan wajah Anda. Selain akan efektif untuk menghilangkan jerawat batu, juga membuat wajah menjadi segar serta cerah.
  1. Menggunakan Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga dapat mengatasi pertumbuhan jerawat batu diwajah. Cara yang sama seperti tomat, Anda cukup mengoleskan cairan dari jeruk nipis ke wajah. Memang terasa lebih perih dibanding tomat, namun demi hilangnya jerawat batu, maka bukan masalah menahannya. Diamkanlah selama lima sampai sepuluh menit dan baru anda boleh membilasnya menggunakan air.
  1. Facial Jerawat
Facial jerawat secara rutin merupakan salah satu pembasmi jerawat batu yang dapat anda coba. Dengan facial anda akan mendapatkan kulit bersih dan mengurangi jerawat batu.
Yang Perlu Diketahui Tentang Jerawat Batu
Selain itu, masih ada informasi penting dan lengkap harus Anda ketahui mengenai jerawat batu. Sehingga Anda akan benar-benar terhindar dari kemungkinan pertumbuhan jerawat batu. Berikut ini adalah informasi yang masih harus Anda ketahui mengenai jerawat batu.
  1. Pencegahan Jerawat Batu Tumbuh Pada Wajah
Melakukan pencegahan jelas berbeda dengan mengatasi. Mengatasi jerawat batu, maka jerawat batu sudah lebih dulu tumbuh diwajah Anda. Namun untuk pencegahan, maka jerawat batu belum memungkinkan untuk tumbuh diwajah Anda. Cara mencegah jerawat batu yang paling utama adalah membersihkan wajah secara rutin.
Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan membiarkan wajah anda selalu bersih. Setiap kali terasa kotor, maka cuci wajah anda dengan air bersih yang mengalir. Kemudian terkait dengan jerawat batu yang mudah tumbuh pada jenis kulit berminyak, walaupun jenis kulit Anda bukan berminyak, namun kemungkinan besar tetap dapat terjadi pada Anda.
Ketika Anda banyak dan setiap hari mengkonsumsi makanan yang berminyak. Sebab tanpa Anda sadari, Anda menambah jumlah minyak di dalam tubuh dan berpotensi pada produksi kelenjar minyak di wajah.
  1. Wajah Yang Mudah Ditumbuhi Jerawat Batu
Pembahasan informasi ini terkait dengan usia seseorang. Dapat dikatakan bahwa siapapun terkait gender, wanita dan pria dapat terserang jerawat batu. Namun terkait dengan usia, maka jerawat batu akan mulai mudah tumbuh diwajah seseorang ketika menginjak remaja sampai dewasa. Terutama para remaja, jerawat batu akan sangat sering tumbuh diwajah mereka.
Kemungkinan karena para remaja belum begitu pandai dalam menjaga kebersihan wajah. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi orang dewasa mudah mengalami maslaah jerawat batu karena pemakaian kosmetik dalam waktu lama dan baru dibersihkan selama beberapa jam. Sehingga pastikan wajah Anda selalu sehat, terjaga kebersihannya, dan tidak lupa untuk melakukan perawatan agar jerawat batu tidak datang serta tumbuh diwajah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar